Jasa Outsourching Cirebon 081122877444/083879167705 (Publik Area)
Public Area
PUBLIC AREA DI DALAM HOTEL
Public area berasal dari kata public dan area yang mempunyai arti masing-masing yaitu : public adalah umum dan area adalah area, kawasan, atau daerah.
Jadi public area itu berarti area umum atau daerah umum, kawasan umum. Jadi area umum itu area yang dapat dilalui oleh siapa pun tanpa terkecuali.
Public area section adalah salah satu bagian yang berada dalam Housekeeping department yang menangani semua urusan mengenai kebersihan, kerapian, kelengkapan, kenyamanan, semua area umum yang berpengaruh terhadap ketertarikan tamu untuk memakai jasa di dalam hotel. Public area section sangat berpengaruh besar terhadap pemasukan dan operasional kerja di dalam hotel, karena dengan adanya section ini kebersihan area yang dilalui oleh tamu tetap terjaga, dan tetap membuat tamu yang datang menjadi senang dan dapat beristirahat dengan tenang.
Tempat-tempat yang dijaga kebersihannya oleh seorang public area meliputi : toilet, lobby, basement, office, dan semua area yang menjadi perhatian penting untuk menarik tamu datang kedalam hotel.
Pengertian dari Public area adalah bagian dari housekeeping yang menangani kebersihan dan kerapian area-area umum hotel, kebersihan dan kerapian hotel yang banyak dikunjungi oleh tamu. Segala macam urusan kebersihan yang berada di kawasan umum di kerjakan oleh bagian Public Area, agar memberikan kesan bersih dan nyaman pada lingkungan hotel dan membuat tamu yang datang memiliki kesan yang baik terhadap hotel tersebut.
Job Description Public area
Bagian department Housekeeping yang bertugas dalam membersihkan area umum.
1. Bertanggung jawab atas kebersiahn public area sesuai dengan standar prosedur yang ditentukan.
2.Memberikan penugasan dan arahan terhadap yugas-tugas yang harus dijalankan oleh public area attendant,night cleaner,toilet attendant,florist serta bahwa pelaksanaan kerja dijalankan sesuai dengan standar yang ditentukan.
3.Memeriksa daftar staff public area setiap hari.
4.Memeriksa secara teliti atas ruangan-ruangan restoran,bar,ruang rapat,dan sebagainya yang telah di kerjakan staff pada hari itu.
5.Membuat laporan Maintenance request kepada engeneering dan menindak lanjuti area-area,fasilitas,atau peralatan atas kerusakan,mengawasi pengerjaan,dan memeriksa kembali hasil penerjaannya.
6.Bertanggung jawab terhadap biayadan penggunaan barang-barang keperluan seperti cleaning agent,supplies,dan equipment.
7.Membuat program pelatihan terhadap staff public area secara rutin.
8.Menjalankan prosedur keamanan,keselamatan,higienis,dan sanitasi baik untuk kepentingan umum,kepentingan tamu,orang lain dan diri sendiri.
9.Melengkapi laporan dalam Public Area Supervisor Log Book setiap shift.
10.Menjalankan tugas yang diberikan oleh Public Area Housekeeper,atau floor housekeeper.
Public Area Section
Publik Area adalah seksi dari housekeeping yang mempunyai tugas dan tanggungjawab untuk menjaga kebersihan, kerapihan, keindahan dan kenyamanan seluruh area hotel, baik yang ada diluar gedung maupun didalam gedung hotel.
Sub Attendant Dalam Publik Area:
1. House man : petugas house keeping yang mengurus kebersihan di area umum dalam hotel seperti, lobby, rest room, restaurant, banquet room
2. Gardener : petugas housekeeping yang mengurus kebersihan, keindahan dan kerapihan area umum luar hotel. Seperti, park, garden, merawat bunga
Syarat Seorang Publik Area
Perilaku Dasar
1. Tepat waktu
2. Memiliki rasa hormat terhadap diri, teman dan pimpinan
3. Memiliki loyalitas
4. Menjalankan tugas dengan baik
5. Dapat dipercaya
6. Mengikuti jalur komunikasi
7. Keamanan untuk bekerja sama
8. Motivasi atau self motivation
Sikap Dasar
1. Hubungan kerja yang lebih baik
2. Kepercayaan diri yang lebih besar dengan diri sendiri dan orang lain
3. Meningkatnya tanggung jawab pribadi
4. Meningkatnya pengendalian diri
5. Menghemat waktu dan tenaga
6. Memenuhi kebutuhan masing-masing
Syarat Khusus
1. Bersih dan Rapi
Seorang Publik Area harus berpenampilan bersih dan rapi baik dari pakaian maupun dari dirinya untuk memberikan citra yang baik terhadap tamu yang dimana PA berhadapan langsung dengan tamu.
2. Harum
Seorang Publik Area harus harum karena PA akan bertugas di seluruh area tamu sehingga tidak menggangu tamu dengan bau yang tidak menyenangkan.
3. Cepat dan Tanggap
Seorang Publik Area harus dapat bekerja cepat agar tidak menggangu tamu terlalu lama dan tanggap terhadap kotoran sehingga tidak ada daerah yang telah dibersihkan ternyata masih ada kotoran tersisa sertatanggap saat melakukan pembersihan dengan menggunakan benda berat dan pemasangan tanda-tanda tertentu seperti “wet floor” agar tidak membahayakan tamu.
4. Memiliki pengetahuan cukup tentang hotel
Seorang Publik Area harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai hotel terutama fasilitas-fasilitasnya agar apabila saat ditanya oleh tamu dapat memberikan informasi.
5. Ramah Dan Sopan
Seorang Publik Area harus bersikap sopan dan ramah setiap waktu apalagi saat ditanya ataupun ingin menggangu sejenak tamu dan ramah terhadap seluruh karyawan agar membina hubungan baik karena PA selalu akan bekerja berdampingan dengan departemen lain.
6. Murah Senyum
Seorang Publik Area harus murah senyum agar tamu senang melihat.
7. Rajin Memberikan Salam
Seorang Publik Area harus rajin memberikan salam seperti “good morning” agar tamu merasa diperhatikan.
Houseman adalah petugas yang bertanggung jawab atas kebersihan danperawatan keseluruhanlingkungan hotel di dalam ruangan.
Adapun pembagian tugas dari pada seksi ini adalah sebagai berikut :
1.Kelompok kerja pagi (morning shift)
Pekerjaan pembersihan paling banyak dilakukan pada pagi sampai sianghari.jumlah houseman yang melakukan pembersihan pada pagi sampai siang hari Lebih banyakdilakukan disbanding malam hari.
2.kelompok kerja sore (evening shift)
Pemeliharaan kebersihan setiap hari dilaksanakan terus menerus dengan tujuanagar dapatmenciptakan suasana bersih,rapi,dan hygiennes.pemeliharaan Kebersihan pada sore hari dilaksanakan pada kelompok kerja evening shift.
Tugas dari evening shift adalah sebagai berikut:
A. Menjaga dan melanjutkan tugas rutin pada kelompok pagi.
B. Membersihkan dan merapikan seluruh kantor manajemen setelah usai jamkerja.
C. Mengontrol kebersihan lobi,asbak,dan tempat sampah.
3.Kelonpok kerja malam (night shift)
Kelompok kerja ini selain membersihkan tempat-tempat tertentu jugamelaksanakan pembersihan secara menyeluruh. Kegiatan ini disebut general cleaningdilaksanakan pada malam hari supaya tidak menggangu hotel lainnya dan tidak menggangu kenyaman tamu.
Kegiatan ini meliputi hal-hal berikut :
A. Pelaksanaan pencucian karpet lobi, restoran dan bar.
B. Pembersihan tangga ,gang dan dinding lobi.
C. Pembersihan ruang rapat,banquet setelah pesta atau acara selesai.
D. Pembersihan ruang locker karyawan.
Gardener
Bagian ini bertanggung jawab atas keseluruhan taman baik yang ada didalam maupun diLuar hotel. Ruang terbuka dengan taman yang indah di sebuah hotel sangatdiperlukan . Adapun gunanya adalah untuk memberi kesan yang baik kepada tamu. Disekitarpintu masuk hotel (main entrance) biasanya dibuat taman yang di tata sedemikianrupa agar kelihatan menarik.Petugas taman (gardener) perlu mengetahui fungsi dan nilaiestetika.Gardener dapat berusaha sedemikian rupa agar taman kelihatan indah,
Menarik dan mempunyai nilai seni.Tugas dan tanggung jawab semua ini ada ditangan chief gardener dan pelaksaan tugas dilakukan oleh para gardener. Tugas Pekerjaan pokokgardener adalah sebagai berikut:
1.Merawat tanaman dan meliputi
a. Mengelola tanah
b. Memupuk tanaman
c. Menyiram tanaman
d. Memangkas tanaman
2. Mengatur penempatan Tanamam dan pemeliharaan tanaman yang meliputin
a. Menukar tanaman yang ada didalam untuk dibawah ke green house dan di rawat
b. Menempatkan tanaman baru dari green house kedalam pot, boks tanaman atau ke taman
3. Mengembangkan tanaman, tugas ini meliputin
a. Menstek
b. Mencangkok
c. Menaman bibit
d. Membeli tanaman baru
e. Memelihara tanaman yang ada di green house.
Hubungan PA Dengan Seksi Lain Dalam House Keeping
1. Kerjasama dengan Floor Section
a. Memberikan work order kepada PA
b. Membantu sesuai work order yang diterima
2. Kerjasama dengan Linen dan Uniform
A. Menyiapkan seragam yang bersih, rapi dan harum
B. Memperbaiki seragam apabila robek atau rusak
c. Mengambil secara rapi dan meletakkan di tempat yang disediakan seusai memakai seragam
d. Memberitahukan kepada Linen dan Uniform mengenai pakaian yang rusak atau robek
3. Kerjasama dengan Laundry Section
Membersihkan seragam agar harum dan bersih
Membersihkan alat kerja bawaan PA seperti lap
3. Memberitahukan laundry section apabila ada tamu yang ingin laundry
Meletakkan alat kerja bawaan seperti lap ke tempat yang disediakan laundry section
Hubungan PA Dengan Seksi Lain Departemen Berbeda
1. Kerjasama dengan waiter
a. Mengambil alat makanan dan minuman yang dipakai tamu di area tamu seperti meja di lobby dan restaurant
b. Meminta bantuan PA menambah meja dan kursi di restaurant, serta menguranginya jika tidak perlu lagi.
c. Melaporkan kepada waiter bila ada barang-barang (sendok, piring, gelas dan lain-lain) yang dipakai oleh tamu agar segera diambil.
d. Menyampaikan kepada waiter, bila ada pemesanan makanan dan minuman dari tamu.
2. Kerjasama dengan banquet
a. Mengirim “Banquet Even Order” kepada PA untuk membuat lay out di dalam Banquet Hall atau Meeting Room.
b. Meminta bantuan PA menambah meja dan kursi di Ballroom atau Banquet Hall atau Meeting Room., serta menguranginya jika tidak perlu lagi.
c. Memberitahukan PA agar membuka lay out membersihkan ruangan jika event sudah selesai.
d. Menyediakan, merawat dan menyimpan linen supplies yang digunakan Food and Beverage Department seperti :
· Taplak meja (table cloth)
· Serbet makan (napkin)
· Alas meja di bawah taplak (multon)
e. Membantu banquet membuat lay out di Banquet Hall.
3. Kerjasama dengan sales marketing
a. Memberitahukan kepada PA, bila akan diadakan confrensi, seminar, lokakarya, rakor dan lain-lainnya di Conference Hall, Function Room atau Marketing Room.
b. Memberitahukan kepada PA jika ada perubahan jumlah peserta maupun lay out, menentukan jumlah penataan meja/kursi dalam ruangan.
c. Membersihkan office marketing dan ruangan/function room yang akan digunakan untuk acara-acara pertemuan.
d. Melakukan perubahan lay out seperti yang dikehendaki oleh tamu yang memesan.
4. Kerjasama dengan Enginnering
a. Perbaikan terhadap mesin-mesin yang digunakan oleh PA.
b. Melaksanakan pekerjaan-pekerjaan yang di kehendaki oleh PA berdasarkan WO (work order) yang diterima.
c. Memasang alat-alat mesin sebagai sarana kerja Housekeeping Department.
d. Memberitahukan cara-cara pengoperasian alat-alat tersebut serta cara perawatannya.
e. Memasang perlengkapan untuk acara-acara rapat pertemuan dan lain-lain.
f. Melaporkan kerusakan-kerusakan yang terjadi di lingkungan kerja seperti kerusakan alat-alat kerja, mesin-mesin, dan lain-lain.
g. Membuat dan mengirimkan WO (work order) kepada Engineering Department untuk perbaikan kerusakan, membuat sarana kerja yang diperlukan oleh Housekeeping Department.
5. Kerjasama dengan Security
a. Melakukan pengamanan kepada seluruh area kerja PA dan ikut memantau agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan serta memantau keluar masuknya tamu dari maupun ke hotel dan mengawasi tamu-tamu yang mencurigakan.
b. Melakukan “body checking” karyawan-karyawan yang pulang setelah selesai bertugas dan menangani barang-barang yang hilang.
c. Melaporkan kepada security apabila ada tamu yang mencurigakan, memberitahukan kepada security bila ada tamu VIP check in, serta kamar-kamar berapa yang akan ditempati.
d. Memberitahukan security dan melaporkan jika bawaan barang-barang keluar hotel (khususnya milik housekeeping) untuk keperluan out side carteting, rapat-rapat dan lain-lain.
Komentar
Posting Komentar